Minggu, 15 Mei 2011

Distribusi binomial


Dalam teori probabilitas dan statistika, distribusi binomial adalah distribusi probabilitas diskret jumlah keberhasilan dalam n percobaan ya/tidak (berhasil/gagal) yang saling bebas, dimana setiap hasil percobaan memiliki probabilitas p. Eksperimen berhasil/gagal juga disebut percobaan bernoulli. Ketika n = 1, distribusi binomial adalah distribusi bernoulli. Distribusi binomial merupakan dasar dari uji binomial dalam uji signifikansi statistik.

Distribusi ini seringkali digunakan untuk memodelkan jumlah keberhasilan pada jumlah sampel n dari jumlah populasi N. Apabila sampel tidak saling bebas (yakni pengambilan sampel tanpa pengembalian), distribusi yang dihasilkan adalah distribusi hipergeometrik, bukan binomial. Semakin besar N daripada n, distribusi binomial merupakan pendekatan yang baik dan banyak digunakan.

Distribusi Binomial adalah suatu distribusi probabilitas yang dapat digunakan bilamana suatu proses sampling dapat diasumsikan sesuai dengan proses Bernoulli. Suatu proses bernouli adalah proses sampling yang (Haryono subiakto, 1994) :

1. Ada dua kejadian yang dapat terjadi dan saling asing pada setiap percobaan atau observasi, untuk mudahnya disebut sukses atau gagal.

2. Urut-urutan, untuk mudahnya disebut sukses atau gagal.

3. Probabilitas sukses dinyatakan dengan (p), yang nilainya tetap dari percobaan kepercobaan atau dari suatu kejadian yanmg lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar