Minggu, 15 Mei 2011

cara menghilangkan bau badan

Apakah Bau Badan Itu . . . . . ?

Bagai manakah cara menghilangkanya . . . . !

Bau badan biasanya identik dengan keringat.Uniknya,bukan keringatlah yang menyebabkan bau badan.Pasalnya,keringat tidak berbau.Bakteri yang tumbuh subur dalam keringatlah yang menimbulkan bau tak sedap itu.Tubuh mempunyai dua tipe kelenjar karingat,yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.Kelenjar ekrin ada di hampir seluruh bagian tubuh,terutama di telapak tangan,telapak kaki,dan ketiak.Sedangkan kelenjar apokrin banyak terdapat di ketiak dan area organ kelamin.Sebagian kecil terdapat di sekitar mulut,payudara,dan liang telinga bagian luar.

Saat suhu tubuh meningkat,sistim saraf akan mendorong kelenjar ekrin untuk mengeluarkan cairan alias keringat ke permukaan kulit.Fungsinya untuk menurunkan suhu tubuh.Nah,keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin tidak berbau.Bau hanya akan timbul bila terdapat bakteri di salah satu lapisan kulit(keratin).

Misalnya telapak kaki yang kotor dapat menyebabkan keringat dari kelenjar ekrin menjadi bau.Selain bakteri,makanan tertentu(bawang putih,kari dan alkohol),obat-obatan,dan penyakit metabolik(diabetes hipertensi)juga biasa memberi aroma tertentu pada keringat yang dihasilkan kelenjar ekrin.

Meski demikian ,ada juga lho keringat yang dari sononya sudah berbau.Keringat yang seperti ini dihasilkan oleh kelenjar apokrin.Bau timbul karena ada suatu jenis bakteri yang terdapat pada kelenjar apokrin.Bakteri yang bertanggungjawab ini menghasilkan ammonia dan asam lemak ammonia dan asam lemak rantai pendek yang memicu timbulnya bau.Perlu diperhatikan juga,factor iklim yang panas seperti di Negara kita dan kebersihan kulit juga berperan menimbulkan bau.

Bau badan merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi orang yang mengidap / menderitanya. Orang yang badannya bau ketika berkeringat maupun tidak berkeringat biasanya minder atau merasa rendah diri di depan orang lain dan khawatir jika bau badannya tercium orang di sekitarnya dan menyebabkan orang lain menjadi jijik. Berbagai cara tersedia untuk menghilangkan atau menyamarkan bau badan yang mengganggu. Ada cara alami untuk mengatasi bau badan tanpa zat kimia

Buat kalian yang ngerasa badannya bau(entah mau mengakuinya ato tidak), ini gw ada tips yg cukup manjur buat ngilangin bau badan. Mencobanya Begini cara-caranya untuk menghilangkan bau badan:

1. Minum rebusan daun sirih, satu gelas setiap hari/2 hari sekali

2. Makan daun kemangi minimal satu genggam per hari

3. Oleskan irisan mentimun setiap habis mandi di bagian ketiak dan bagian tubuh lain yang berbau

4. Tidak makan makanan berlemak, terutama daging

5. Mengurangi makanan pedas

6. Tidak minum kopi (yang mengandung kafein)

7. Memakai deodorant yang bentuknya spray(yang bentuknya padat maupun roll-on hanya membuat ketiak basah/basah ketek, meninggalkan bekas di baju pula)

Cara 1-3 adalah untuk membuat bau badan kita lebih harum, sedangkan cara 4-6 adalah usaha untuk mengurangi keringat (bagaimanapun bau badan timbul melalui keringatyang kita keluarkan). Dan cara ke-7 adalah cara biasa untuk menjaga bau ketiak tetap wangi.

hilangkanbau.blogspot.com

Malu ah….. hari gini masih beraroma tak sedap. Biar Anda tak dijauhi teman , tangkis bau badan sebelum terjadi.

Masalah bau badan sepintas terkesan sepele, tapi sebenarnya efeknya fatal untuk pergaulan dan karier. Siapa sih yang ingin jadi bahan pembicaraan karena ngetop soal……bau badanya yang tak sedap. Atau terhambat promosi di kantor hanya karena bau badan. Karena itu masalah bau badan dan cara menghilangkan bau badan tak penah basi jika di bahas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar