Selasa, 22 Mei 2012

Proposal Lomba Industri (penjelasan singkat)

LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan industri untuk produk sepeda motor dewasa ini cukup pesat, dilihat dari jumlah pengguna sepeda motor yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dilihat dari berbagai model dari merk-merk terkenal, meskipun demikian banyak pecinta kendaraan beroda dua ini atau yang lazim disebut bikers masih belum puas dengan model yang ada, oleh karena itu mereka membuat model-model yang sesuai dengan kreasi mereka sendiri.
Modifikasi sepeda motor sebagai ajang menyalurkan imajinasi dan kreatifitas penguna motor, hal ini dikarenakan ketidakpuasan yang berasal dari kebutuhan dan keinginan untuk mendapatkan suatu yang lebih, termasuk memiliki kendaraan sepeda motor yang lain dari pada yang lain.
Perkembangan modifikasi sepeda motor pada kurun waktu 3 tahun terakhir ini semakin pesat, dilihat dari banyaknya aksesoris serta sparepart yang beredar dipasaran untuk modifikasi sepeda motor, beberapa hal modifikasi yang dapat dilakukan pada sepeda motor seperti, modifikasi merubah kontruksi body motor, modifikasi mesin, serta menambahkan teknologi-teknologi pada sepeda motor.
Selain itu pesatnya perkembangan modifikasi sepeda motor  dapat dilihat dari semakin menjamurnya komunitas-komunitas sepeda motor, dimana komunitas ini sering melakukan touring ke berbagai tempat, seperti puncak dan pegunungan yang memiliki suhu dingin, dimana para pengendara sering mengalami kesulitan mendapatkan minuman hangat. Melihat hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “PEMANFAATAN ENERGI PANAS YANG DIHASILKAN KNALPOT KENDARAAN BERMOTOR UNTUK PEMANAS AIR.”

RUMUSAN MASALAH
Melihat latar belakang permasalahan tersebut maka masalah yang dirumuskan adalah :
1.        Bagaimana memanfaatkan tenaga panas yang dihasilkan knalpot sepeda motor?
2.        Apakah hasil dari pemanfaatan energi panas yang dihasilkan knalpot sepeda motor ?

BATASAN MASALAH
            Atas dasar latar belakang dan rumusan masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, maka peneliti dapat membatasi masalah mengenai tenaga panas yang dihasilkan knalpot sepeda motor untuk pemanas air.

TUJUAN PENELITIAN
Penelitian Ilmiah ini bertujuan untuk :
1.        Mengetahui manfaat energi panas yang dihasilkan knalpot sepeda motor.
2.        Mengetahui hasil dari pemanfaatan energi panas yang dihasilkan knalpot sepeda motor.

MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.        Manfaat akademis, untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kreatifitas diri.
2.        Manfaat bagi masyarakat menjadi solusi alternatif untuk para penggendara sepeda motor mendapatkan air hangat dengan mudah dimanapun dan kapanpun , khususnya bagi para komunitas-komunitas sepeda motor yang terbiasa touring dan berpergian jauh.

Cara Kerja Tungku Pemanas
Tungku ini dapat beropresi karna memanfaatkan energi panas (kalor) yang memiliki sifat suatu bentuk energi yang diterima oleh suatu benda yang menyebabkan benda tersebut berubah suhu. Prinsip kerja tungku ini mengunakan prinsip konduksi (hantaran) dan konversi (aliran), dimana energi panas yang dihasilkan oleh kenalpot akan mengalir melalui batang tembaga, kenapa mengunakan batang tembaga karana tembaga memiliki titik lebur (leleh) sebesar 10800C.  Selanjutnya panas yang mengalir pada tembaga akan mengalir ke lilitan tembaga yang terletak pada tungku pemanas, lilitan ini berfungsi mengkonversikan energi panas kenalpot menjadi pemanas pada tungku, untuk memanaskan gelas stainless yang berisi air. Tungku ini dapat bekerja jika panel penghubung di hubungkan pada kenalpot, dalam kendaraan bermotor dihidupkan.
Air dalam gelas stainless tidak akan tumbah jika kendaraan bermotor melakukan perjalanan, karna memiliki penjepit pada gelas yang dihubungkan pada tungku pemanas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar