Kamis, 07 Juni 2012

Pengertian Antropometri


Dilihat dari sisi rekayasa, informasi hasil penelitian ergonomi dapat dikelompokan ke dalam lima bidang penelitian yaitu ( Sutalaksana,  Teknik tata cara kerja):
1.    Anthropometri
2.    Biomekanika
3.    Fisiologi
4.    Pengindraan
5.    Lingkungan Fisik Kerja

Antropometri berasal dari kata anthropos dan metros. Anthropos artinya tubuh dan metros artinya ukuran. Antropometri artinya ukuran dari tubuh.
Antropometri menurut Hinchiliff (1999) adalah pengukuran tubuh manusia dan bagian-bagiannya dengan maksud untuk membandingkan dan menentukan norma-norma untuk jenis kelamin,usia, berat badan, suku bangsa dll.
Antropometri menurut Stevenson (1989) dan Nurmianto (1991) adalah suatu kumpulan data numerik yang berhubungan dengan karakteristik tubuh manusia berupa ukuran, bentuk, dan kekuatan serta penerapan dari data tersebut untuk penanganan masalah design.
Antropometri secara luas akan digunakan sebagai pertimbangan ergonomis dalam proses perencanaan (design) produk maupun sistem kerja yang memerlukan interaksi manusia. Data antropometri yang berhasil diperoleh akan diaplikasikan secara luas antara lain dalam hal:
1.    Perancangan areal kerja.
2.    Perancangan peralatan kerja seperti mesin, equipment, perkakas (tools) dan sebagainya.
3.    Perancangan produk-produk konsumtif seperti pakaian , kursi, meja, komputer dan lain-lain.
4.    Perancangan lingkungan kerja fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar