Minggu, 21 April 2013

Sumber Variabilitas Pada Antropometri


Perbedaan antara satu populasi dengan populasi lain adalah dikarenakan oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1.      Usia
Seperti diketahui bersama manusia tumbuh sejak lair hingga kira-kira berumur 20 tahun untuk pria dan 17 tahun untuk wanita. Pada saat tersebut ukuran tubuh manusia tetap dan cenderung akan menyusut pada usia 60 tahun ke atas.

2.      Jenis kelamin
Secara distribusi statistik ada perbedaan yang signifikan antara dimensi tubuh pria dan wanita. Untuk kebanyakan dimensi pria dan wanita ada perbedaan yang signifikan antara mean (rata-rata) dan nilai perbedaan ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Pria dianggap lebih panjang dimensi segmen badannya dari pada wanita. Oleh karenanya data antropometri untuk kedua jenis kelamin tersebut selalu disajikan secara terpisah.
3.      Suku bangsa (Ethnic Variability)
Variasi antara beberapa kelompok suku bangsa telah menjadi hal yang tidak kalah pentingnya, terutama karena meningkatnya jumlah angka migrasi dari satu negara ke negara lain yang berbeda suku  penduduknya. Sebagai contoh migrasi dari negara Vietnam ke Australia, untuk mengisi jumlah angka satuan kerja, maka akan mempengaruhi antropometri secara nasional.
4.        Jenis pekerjaan atau latihan
Suatu sifat dasar otot manusia, dimana bila otot tersebut sering dipekerjakan akan mengakibatkan otot tersebut bertambah lebuh besar, Misalnya  dimensi seorang buruh pabrik, dimensi seorang binaragawan dan sebagainya.
5.      Keacakan atau Random
Distribusi frekuensi secara statik dari dimensi kelompok anggota masyarakat jelas diaproksimasikan dengan menggunakan distribusi normal, yaitu dengan menggunakan data persentil yang telah diduga, jika mean (rata-rata) dan standar deviasi-nya telah dapat diestimasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar