Kamis, 07 Juni 2012

Data Antropometri dan Kelompok Antropometri

 Data Antropometri
Menurut Stevenson (1989) persentil adalah suatu nilai yang menyatakan bahwa persentase tertentu dari sekelompok  orang yang dimensinya sama dengan atau lebih rendah dari nilai tersebut. Misalnya 95% dari populasi adalah sama dengan atau lebih rendah dari 95 persentil. Besarnya nilai persentil dapat ditentukan dari tabel probabilitas distribusi normal. Dalam pokok bahasan antropometri, 95 persentil menunjukan tubuh berukuran besar, sedangkan 5 persentil menunjukan tubuh berukuran kecil. 
Penerapan data antropometri ini akan dilakukan jika tersedia nilai mean (rata-rata) dan standar deviasi dari distribusi normal. Berikut ini adalah rumus perhitungan persentil.

Kelompok Antropometri
Antropometri terdapat 2 jenis dan kelompok besar, yaitu Antropometri Statis (Struktural) dan Antropometri Dinamis (Fungsional) seperti dibawah ini:
1.  Antropometri Statis (Struktural)
Pengukuran dimensi pada permukaaan tubuh manusia dengan orang  yang diukur dalam keadaan diam. Dimensi yang diukur pada antropometri statis diambil secara linear (lurus) dan dilakukan pada permukaan tubuh.
Contoh: pengukuran tinggi badan berdiri.
2.  Antropometri Dinamis / Fungsional
Pengukuran dimensi tubuh manusia dan ciri-ciri fisik lain yang berkaitan saat orang yang diukur sedang bergerak atau sedang melaksanakan   pekerjaan yang berkaitan. Pengukuran antropometri dinamis, terdapat tiga kelas pengukuran, yaitu:
A.  Pengukuran tingkat keterampilan sebagai pendekatan untuk mengerti kedaaan mekanis dari suatu aktifitas, contohnya mempelajari performasi seseorang.
B.  Pengukuran jangkauan ruang yang dibutuhkan saat bekerja.
C.  Pengukuran variabilitas kerja.
Contoh: pengukuran sudut putaran tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar