Minggu, 11 Desember 2011

Pengait Rem Tromol Belakang

Tuas Rem Panjang Lebih seret . . . . . . . . . . . !

Kerja sistem pengereman yang sempurna mempunyai peranan penting dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kedua rem harus berfungsi dengan baik. Untuk rem belakang Honda Karisma dan Supra X 125 yang masih mengadopsi sistem tromol, peformanya masih bisa ditingkatkan agar lebih seret.. atau lebih pakem.

Menurut pengendara yang memakai Honda Karisma dan Supra X 125 saat melakukan pengereman, rem belakang kurang pakem atau seret. Penyebabnya yaitu kurangnya tekanan terhadap kampas rem belakang, ini dikarenakan tuas pengungkit kampas rem atau yang disebut dengan paha ayam (bahasa bengkel), terlalu pendek. Akibatnya tekanan terhadap kampas kurang maksimal.

Persoalan ini juga bikin otot kaki lebih kencang menginjak pedal rem saat pengereman belakang dilakukan, dan setelan rem blakang harus sering diubah maka umur kampas rem menjadi pendek alias menjadi cepat habis.

Logikanya kampas rem jadi berumur panjang karena jarang diberi tekanan cukup, justru salah karena kotoran bertumpuk dipermukaan kampas yang menimbulkan rem bunyi ngiikkk-ngiikk saat pengereman. Beda kalau mendapatkan tekanan yang pas maka kotoran akan hilang.

Solusinya agar pedal rem lebih enteng saat dioprasikan, yaitu ganti pengungkit kampas rem atau paha rem Honda Karisma dan Supra X 125 dengan memakai pengungkit rem yang lebih panjang. Sehingga momen putar yang didapat akan lebih besar. Paling cocok mengunakan pengungkit atau paha ayam milik Honda Tiger karena dudukanya sesuai dengan dudukan pengungkit rem milik Honda Karisma dan Supra X 125.

Kalau diukur tuas rem milik Honda Tiger panjangnya 12 cm sedangkan milik Honda Karisma dan Supra X 125 hanya 9.5 cm. Kondisi tuas rem yang lebih panjang dapat membuat tekanan kampas rem kebagian teromol jauh lebih besar. Inilah yang yang membuat pengereman lebih pakem atau seret.

Hasilnya pengereman jauh lebih maksimal kalau sudah mengunakan pengungkit atau paha rem Honda Tiger pada Honda Karisma dan Supra X 125.

Referensi :

Tabloid MOTOR PLUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar