Rabu, 17 Oktober 2012

PENYEBAB DAN DEFINISI PENURUNAN TITIK BEKU LARUTAN

Air murni membeku pada suhu 0oC, dengan adanya zat terlarut misalnya saja ditambahkan gula ke dalam air tersebut maka titik beku larutan ini tidak akan sama dengan 0o C, melainkan akan turun (di bawah 0o C) inilah yang dimaksud sebagai penurunan titik beku.
Jadi larutan akan memiliki titk beku yang lebih rendah di bandingkan dengan pelarut murninya. Sebagai contoh larutan garam dalam air akan memiliki titik beju yang lebih rendah di bandingkan dengan pelarut murninya yaitu air, atau larutan fenol dalam alcohol akan memiliki titik beku yang lebih rendah di bandingkan dengan pelarut murninya yaitu alkohol.
Apabila kedalam air murni kita larutkan garam dan kemudian suhunya kita turunkan sedikit demi sedikit, maka dengan berjalannya waktu pendinginnya maka perlahan-lahan sebagian larutan akan berubah menjadi fase padat hingga pada suhu tertentu akan berubah menjadi fase padat secara keseluruhan.
Pada umumnya zat terlarut lebih suka berada pada fase cair di bandingkan dengan fase padat, akibatnya pada saat pendinginnya berlangsung larutan akan mempertahankan fasenya dalam keadaan cair.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar